Langkah Bebas Stres Saat Mengajak Balita Anda Berlibur

Langkah Bebas Stres Saat Mengajak Balita Anda Berlibur - Ketika datang musim liburan, tentunya semua keluarga ingin ikut merasakannya dengan bepergian ke luar kota ataupun negeri. Namun, jika sudah memiliki anak, membawa serta sang buah hati, terutama yang berusia balita, kadang-kadang menjadi hal yang menyenangkan sekaligus tricky.

Membawa serta anak berusia balita dalam liburan yang Anda lakukan kadangkala membutuhkan kesabaran ekstra. Dirangkum dari situs babble.com, berikut adalah tujuh tips agar tetap nyaman membawa anak-anak saat liburan.

1. Isi Gadget dengan Permainan Kesukaannya, Foto Keluarga, dan Video Dirinya
Isilah gadget ataupun tablet Anda dengan games-games kesayangan sang buah hati untuk mencegahnya bosan selama perjalanan. Ketika moodnya sudah mulai ceria, mulailah menjelaskan foto-foto keluarga Anda agar ia lebih mengenal keluarganya. Melihat mengenai orang lain terus menerus tentu akan membuatnya bosan, setelah itu perlihatkan saja video tentang dirinya, baik yang diambil secara sembunyi-sembunyi ataupun tidak, untuk mengembalikan keceriaannya seperti semula.

2. DVD Player Portable
Saat liburan, jangan ubah waktu tidur anak. Jika memang anak setiap harinya tidur pukul 20.00 atau 21.00, usahakan rutinitas itu tetap terjadi. Menjaga rutinitas tidur anak inilah yang bisa membuat Anda bosan sendiri di hotel. Anda tentunya tak bisa meninggalkan anak yang sudah tidur untuk pergi lagi menikmati suasana malam di lokasi liburan.

Kalaupun ingin menonton televisi, Anda takut suaranya bisa membuat tidur anak terganggu. Di sinilah DVD player portable bisa menjadi penyelamat. Jangan lupa membawa serta headphone agar suara film tetap bisa terdengar tanpa mengganggu buah hati yang tertidur lelap.

Membaca dapat menjadi alternatif pilihan lain. Tetapi kegiatan tersebut tentunya akan sulit dilakukan pada ruangan dengan pencahayaan remang ketika si kecil tertidur bukan?

3. Suite Room
Jika Anda ingin tetap dapat berbincang-bincang dengan pasangan meskipun sang buah hati tengah terlelap, ada baiknya pilihlah suite room atau suite hotel untuk menginap. Suite room juga menawarkan fasilitas yang menarik seperti cemilan-cemilan di kala tea time dan juga double TV yang memudahkan Anda dan pasangan dalam menonton tayangan yang berbeda.

4. Room with View
Ketika bepergian bersama anak, pastikan Anda memilih kamar dengan pemandangan luar yang nyaman dan indah. Balita biasanya mudah bosan, dan dengan memberikannya pemandangan keluar dari kamar Anda, memberikannya tontonan yang mengasyikan, seperti lalu-lalang orang yang melintas, anak-anak sebayanya yang sedang bermain, ataupun pemandangan taman yang menyejukkan mata.

5. Mainan Baru
Buatlah sang buah hati senang dengan hal yang cukup mudah seperti membelikannya ransel kecil agar ia dapat membawa mainannya sendiri. Ia dapat mengisi buku cerita, mainan atau benda-benda lain favoritnya sendiri. Namun, tetap periksa apa yang ia bawa, karena anak-anak punya kebiasaan untuk mengisi tas dan membawa semua mainan yang ia sukai sehingga tasnya bisa terlalu berat.

6. Persediaan Plester Luka yang Cukup
Selain dapat digunakan untuk mengobati luka yang sering terjadi ketika buah hati bermain, band aid ataupun plester luka adalah salah satu item favorit yang disenangi anak-anak. Mereka senang memainkan plester. Mungkin salah satu cara agar ia tidak sembarangkan memainkan dan memboroskan plester yang Anda berikan adalah dengan batasi pemberian plester ketika ia bermain. Atau dapat pula dengan bermain sebagai dokter dan pasien, sehingga ia dapat berakting dan bertingkah layaknya dokter. Menggemaskan sekaligus mendidik.

7. Buku Gambar ataupun Papan Tulis Mini
Buku gambar ataupun papan tulis kecil, salah satu solusi yang baik untuk anak menghabiskan waktu dengan mengkreasikan sesuatu dan mengembangkan imajinasinya. Papan tulis mini dapat menggambar berulang kali tanpa harus menghambur-hamburkan kertas. Paperless!

0 komentar:

Posting Komentar